Mahasiswa Fisika Unsoed Meraih Medali Emas di Ajang WYIE (World Young Inventors Exhibition) Malaysia 2020

World Young Inventors Exhibition Ke-4 merupakan ajang kompetisi inovasi yang diselenggarakan oleh Malaysia Invention and Design Association. Kompetisi inovasi internasional ini rutin dilaksanakan dalam satu tahun sekali. Kegiatan ini dilaksanakan secara online, dan langsung dari Kuala Lumpur Malaysia. Kegiatan WYIE dilaksanakan pada 20 - 21 November 2020.

Ajang kompetisi ternasional WYIE 2020 diikuti oleh 15 negara salah satunya Indonesia. Kelompok mahasiswa Fisika dengan nama team Foretion dari Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman berhasil meraih medali emas pada ajang tersebut. Karya yang berhasil meraih medali emas pada kompetisi tersebut berjudul Foretion: Forest Fire Anticipation System Based on Arduino Uno with Flame Sensor, Bluetooth Module HC-05 and Android Controller. Bidang karya yang diangkat yakni perlindungan lingkungan, energy, air dan sanitasi. Dengan bimbingan dosen Bapak Hartono, M.Si.

Kelompok mahasiswa Fisika Unsoed yang mendapatkan penghargaan atas karya Foretion itu adalah Tyas Ahadriansyah (Fisika 2018), Cahaya Rizky Sulaeman Putri (Fisika 2018), Andre Firdaus (Fisika 2018), Robby Setiawan (Fisika 2018), Haris Saefurrahman (Fisika 2016) dan Dian Palupi Utami (Fisika 2017). Alasan utama kelompok mahasiswa ini mengikuti ajang tersebut atas dasar ide pemikiran pencegahan terhadap bencana alam kebakaran hutan yang bisa di antisipasi perluasan terjadinya bencana tersebut dengan membuat sistem alat otomasi. Pada awalnya abstrak karya yang diajukan kelompok mahasiswa ini sempat ditolak untuk mengikuti ajang tersebut namun dengan usaha perbaikan yang dilakukan akhirnya kelompok mahasiswa ini berhasil memenangkan ajang inovasi internasional tersebut. Proses kompetisi yang diikuti mulai dari pengajuan abstrak, pembuatan karya (alat) dan karya tulis, pembuatan video cara kerja alat dan terakhir pembuatan poster karya.