HIMAFI (Himpunan Mahasiswa Fisika)

Printer-friendly version

HIMPUNAN MAHASISWA FISIKA (HIMAFI)

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

PERIODE 2014 - 2015

 

HIMAFI terbentuk berdasarkan hasil musyawarah anggota yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2004. Organisasi kita ini bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi seluruh aspirasi civitas akademik pada umumnya dan mahasiswa Fisika pada khususnya.

Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Jenderal Soedirman adalah organisasi kemahasiswaan di lingkungan Program Studi Fisika Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman.

HIMAFI MIPA UNSOED berasaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

HIMAFI MIPA UNSOED dideklarasikan di Kampus Program Sarjana MIPA dan dinyatakan syah berdiri pada tanggal 30 Desember 2004.

Sama kaya organisasi – organisasi lainnya, Struktur kepengurusan HIMAFI  terdiri dari ketua umum, wakil ketua, sekretaris umum, dan bendahara umum dibantu staff bendahara mereka biasa disebut PH (Pengurus Harian) dan juga beberapa Departemen, yaitu Dept. Penelitian, Dept. Pengembangan, Dept. Humas, Dept. Kajian Keilmuan Fisika, Dept. Kewirausahaan, dan Dept. Pers Media.

Kepengurusan HIMAFI pertama kali dipimpin sama Mas Rien R. grandika (Fis ’03), terus dilanjutin sama Mas Asep Awwaludin (Fis ’04), Mas Eko Syarif Hidatyat (Fis ’05), Mba Nurhayati (Fis ’06), mas Abdul Fadil Akbar (Fis ’07), Mas M. Ibnu Ubaidillah atau biasa dipanggil Mas Nunu (Fis ’08), Mas Ajun Suhartono (Fis ’09), Mas Pangestu (Fis ’10), dan sekarang (periode 2013-2014) dipimpin oleh Mas Febri Andi (Fis ’11).

 

 

Visi

Mewujudkan pergerakan HIMAFI MIPA UNSOED yang progresif, sinergis, berpikir kritis, dan kontributif bagi mahasiswa MIPA dan masyarakat.

Misi

1. Menjadikan HIMAFI MIPA UNSOED sebagai wadah silaturahmi dan sarana komunikasi bagi  mahasiswa Fisika MIPA UNSOED.

2. Berperan aktif dalam membina dan mengembangkan daya nalar keahlian serta ketrampilan keprofesian anggotanya kearah perluasan wawasan.

3. Peningkatan kecendikiawanan dan integritas kepribadian mahasiswa fisika UNSOED.

4. Membentuk mahasiswa yang mampu mengaktualisasikan potensi diri.

5. Menjalin kerja sama khususnya dengan lembaga berbasis sains.

6. Membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat khususnya yang terkait bidang sains.

 

 

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN HIMPUNAN MAHASISWA FISIKA (HIMAFI)

JURUSAN MIPA FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK

PERIODE TAHUN 2014

 

Ketua                                                   : Tama Tri Candra Nuryanto (H1E012013)

Wakil Ketua                                         : Maskhiyatus Shokib (H1E012026)

Kesekretariatan

Koordinator                                            : Herin Rulian Maheri (H1E012033)

Staff                                                       : Veiga Affiah           (H1E013007) 

Kebendaharaan 

Koordinator                                         : Yenny Fitri Kumalasari (H1E012030)

Staff                                                    : Elina Putri Anugrah (H1E013039)

Departemen Penelitian

Kepala Departemen                             : Halida Rahmi Luthfianti (H1E012005)

Staff                                                    : Budi Dharmala S (H1E013032), Wenty Septria. DS (H1E013025), Almas Gediana (H1E012020), Agus Yusup (H1E013031)

Departemen Pengembangan

Kepala Departemen                             : Swandini Hasyanti Syahrin (H1E012032)

Staff                                                    : Yesi Setyo Ningrum (H1E013029), Siti Uswatun Hasanah (H1E013038),  Innas Amaliya Fatyadi (H1E013009), Aflah Nurcholis (H1E012006)

Departemen Humas

Kepala Departemen                             : Fatahillah Agung Hardono Putra (H1E012037)

Staff                                                    : Mela Nurhikmah (H1E013005),  Tita Murwiyanti (H1E013015), Denitto Rizky Fadian (H1E013017 ), Imam Amarullah (H1E013051)

Departemen Kajian Keilmuan Fisika (KKF)

Kepala Departemen                             : Den’ta Puspita (H1E012027)

Staff                                                    : Regiana Sofwan Al-Rasyid (H1E013016), Muhammad Iqbal Ramadhan (H1E013026), Annisa Israningsih (H1E013022), Sutartik (H1E013055)

Departemen Pers dan Media

Kepala Departemen                             : Ahmad Naufal Muttaqin (H1E012041)

Staff                                                    : Annisa Sri Mulyantini (H1E012047), Rafi Bagaskara Aulia Utama (H1E013037), Muhammad Padilah Wapi (H1E013036), Yulin Elina (H1E012019)

Departemen Kewirausahaan

Kepala Departemen                             : Neneng Ade Mekah Sari (H1E012007)

Staff                                                    : Rahmat Maulana Yasin (H1E013034), Desi Amanda (H1E013003), Annis Puji Sriastuti (H1E013010), Mujiani (H1E013048)

 

 

PROGRAM KERJA

Kegiatan

Himafi MIPA UNSOED merupakan tempat berbagi suka dan duka. Kegiatan yang diadakan sangat variatif. Dari kegiatan akademik meliputi Kunjungan Ilmiah ke instansi Fisika dan Tutorial Kuliah dan Kegiatan non Akademik meliputi Makrab, UpGrading, Diesnatalis, dan masih banyak lagi

  1. KESEKRETARIATAN

 

Program Kerja

Forum Sekretaris

Forum sekretaris merupakan kegiatan mengumpulkan sekretaris tiap departemen dengan tujuan untuk menginformasikan format kesekretariatan (pembuatan surat, proposal, laporan pertanggungjawaban, data inventaris, piket sekre) dengan memaparkan beberapa materi penting . kepada sekretaris tiap departemen.

 

  1. BENDAHARA UMUM

 

Program kerja

  1. Kas Pengurus
  2. Pengumpulan Nota Pengeluaran Kegiatan
  3. Forum bendahara

 

  1. Kas Pengurus

Kas pengurus merupakan iuran yang di bayar oleh pengurus HIMAFI Periode 2014 dengan tujuan untuk mensejahterakan pengurus, biasanya di bayar tiap bulan.

  1. Pengumpulan Nota Kegiatan

Pengumpulan nota merupakan program kerja dari bendahara dengan tujuan untuk mengetahui pengeluaran dana kegiatan, serta sebagai tanda bukti bahwa telah menggunakan uang HIMAFI untuk suatu kegiatan. 

 

  1. Forum Bendahara

Forum Bendahara merupakan program kerja bendahara, dengan tujuan menginformasikan kepada bendahara tiap tentang masalah uang yang diberikan untuk mendanai tiap proker, pengumpulan nota, uang kas dan hal yang berkaitan tentang kebendaharaan. Dalam hal ini sasaran dari forum bendahara ini adalah bendahara tiap departemen.

 

 

  1. DEPARTEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)

 

Program kerja

  1. Diesnatalis Fisika
  2. Malam Keakraban
  3. Fisika Berbagi
  4. Physics Goes to School

 

  1. Diesnatalis Fisika

Disnatalies Fisika merupakan program kerja yang dilaksanakan dengan maksud memperingati sejarah berdirinya Fisika, serta untuk meningkatkan keakraban antar mahasiswa, dosen, dan karyawan program studi Fisika. Peserta diesnatalis Fisika adalah mahasiswa program studi Fisika seluruh angkatan, dosen dan karyawan program studi fisika serta seluruh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman.

 

  1. Malam Keakraban

Malam keakraban merupakan program kerja HIMAFI dengan tujuan mengenalkan mahasiswa baru kepada budaya dan realita kampus, menyatukan tali silaturahmi keluarga fisika, menggali potensi berpikir yang objektif, kritis dan analitis. Menciptakan rasa memiliki terhadap lembaga program studi fisika. Serta mensosialisasikan visi dan misi program studi fisika.       

 

  1. Fisika Berbagi

Fisika berbagi merupakan program kerja dari Humas yang bertujuan  untuk menjalin kebersamaan, dan mencoba berbagi dengan orang yang ada di sekeliling kita. Meskipun fisika merupakan ilmu exact akan tetapi untuk terjun dalam dunia sosial itu sangat penting, oleh karena itu dengan adanya fisika berbagi ini sebagai bukti bahwa fisika itu tidak hanya ilmu excact tapi bisa terjun di masyarakat.

  1. Physics Goes to School
  2.  

Physics Goes to School merupakan program departemen humas yang bertujuan untuk memperkenalkan fisika dalam dunia Sekolah Dasar bahwa fisika itu menarik tidah sesukar apa yang di bayangkan mereka selama ini, selain  iyu melakukan kesekolah dalam rangka pengenalan fisika.

 

 

  1. DEPARTEMEN KAJIAN DAN KEILMUAN FISIKA

 

Program Kerja

1. Bank Soal

2. Kuliah Umum

3. Seminar Nasional

 

  1. Bank Soal

Bank soal merupan program kerja dari Departemen KKF yang bertujuan sebagai bahan ajar, bahan latihan serta bahan untuk mahasiswa pada saat ujian. Bentuk pelaksanaan dari Bank soal ini diantaranya:                     

  • Mengumpulkan soal – soal UTS dan UAS tiap mata kuliah.
  • Membagikan Bank Soal kepada mahasiswa

Oleh karena itu dengan adanya program kerja Bank soal ini, mampu menjadi bahan latiha serta referensi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjelang UTS maupun UAS, serta Bank soal ini dapat digunakan sebagai gambaran atau kisi – kisi soal pada UTS maupun UAS.

 

  1. Kuliah Umum

Kuliah Umum merupakan program kerja departemen KKF yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang hal – hal yang berkaitan dengan fisika, untuk memberikan sarana mengembangkan intelektualitas, serta untuk meningkatkan skill atau keterampilan mahasiswaa.

 

  1. Seminar Nasional

Seminar Nasional merupakan program kerja KKF yang bertujuan untuk memberikan wawasan tentang penerapan fisika dalam inovasi inovasi yang lain, melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

  1. DEPARTEMEN PENELITIAN

 

Program Kerja

  1. Fokus (Forum diskusi)
  2. Kunjungan Ilmiah
  3. NGOBRAS
  4. Komunitas

 

  1. Fokus

Fokus merupakan forum diskusi yang pada tahun 2014 bertemakan tentang PKM (Progam Kretifitas Mahasiswa). Yang bertujuan

  1. Mensosialisasikan program hibah dikti yang berbentuk PKM sebagai wahana bertukar wawasan antar kakak dan adik angkatan
  2. Mengasah kreativitas mahasiswa dalam bidang kepenulisan

 

  1. Kunjungan Ilmiah

Kunjungan Ilmiah merupakan salah satu progam kerja departemen penelitian yang sasaran pesertanya dari angkatan 2013 yang bertujuan

  1. Menumbuhkembangkan pengetahuan kancah luar kampus
  2. Meningkatkan wawasan IPTEK dalam bisang fisika
  3. Memberikan gambaran fisika tentang kerja praktik, penelitian dan dunia kerja

 

  1. NGOBRAS

NGOBRAS merupakan program kerja dari departem penelitian yang bertujuan untuk bisa Sharing bareng dengan dosen yang berkaitan dengan fisika.

 

  1. Komunitas

Komunitas merupakan dibawah naungan departemen penelitian di HIMAFI, dengan adanya komunitas sebagai metode sharing tentang KMK, serta dapat membantu minat kita untuk Tugas Akhir.

  1. Komunitas Geofisika
  2. Komunitas Elektronika & Instrumentasi (ELINS)
  3. Komunitas Material

 

  1. DEPARTEMEN PENGEMBANGAN

 

Program kerja

  1. Up Grading
  2. Study Banding
  3. Open House
  4. Olimpiade Fisika
  5. Tutorial

 

  1. Up Grading

Up grading merupakan program kerja dari departemen pengembangan yang bertujuan untuk menjalin ikatan dan semangat organisasi pengurus. Output dari kegiatan ini adalah semakin kompak dan semakin menyatukan pengurus HIMAFI.

 

  1. Study Banding

Study banding merupakan program kerja dari departemen pengembangan yang bertujuan

  1. Mensosialisasikan ilmu studi fisika di program studi Fisika MIPA UNSOED serta fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya,
  2. Mengetahui dan mempelajari pola belajar dan juga organisasi yang ada di Universitas lain.
  3. Membandingkan dengan apa yang telah kita dapatkan di FISIKA UNSOED.

 

  1. Open House

Open House Fisika 2014 merupakan program kerja dari departemen pengembangan. Kegiatan Open House dilaksanakan dalam bentuk sharing bersama keluarga besar Fisika Unsoed. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin keakraban dan tali silaturahmi antar keluarga Fisika Unsoed, serta membangkitkan semangat kebersamaan.

 

  1. Olimpiade Fisika

Olimpiade Fisika merupakan program kerja dari departemen pengembangan yang bertujuan untuk mensosialisasikan Universitas Jenderal Soedirman  kepada masyarakat luas. Mensosialisasikan MIPA Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman kepada para pelajar SMP, khususnya di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen. Menumbuhkan motivasi para pelajar SMP dalam meraih prestasi melalui kompetisi secara positif. Mendapat siswa/i SMP/Sederajat yang berhasil mencapai prestasi dibidang Sains.

 

  1. Tutorial

Sebagai sarana pembelajaran tambahan di luar jam kuliah, untuk membantu mahasiswa fisika dalam proses akademik.

 

  1. DEPARTEMEN PERS DAN MEDIA

 

Program Kerja

  1. Penerbitan majalah dinding
  2. Penerbitan buletin HIMAFI
  3. Pelatihan Jurnalistik

 

  1. Penerbitan Majalah Dinding

Penerbitan Majalah Dinding ”Induksi Magnetik” bertujuan sebagai sarana informasi bagi mahasiswa fisika.Penerbitan majalah dinding ini 1bulan sekali di minggu ke 2.

 

  1. Penerbitan Buletin HIMAFI

Buletin merupakan media kreativitas dan informasi bagi mahasiswa fisika.

 

  1. Pelatihan Jurnalistik

 

 

  1. DEPARTEMEN KEWIRAUSAHAAN

 

PROGRAM KERJA

1. Bazar SEMIBAMA

2. Pelatihan kewirausahaan

3. Pengadaan Atribut Organisasi

4. Fisika Berniaga

 

  1. Bazar SEMIBAMA

Bazar SEMIBAMA merupakan proker dari departemen kewirausahaan yang bertujuan Memperkenalkan HIMAFI khususnya kewirausahaan kepada mahasiswa MIPA Unsoed, khususnya mahasiswa fisika.

    

  1. Pelatihan kewirausahaan

Pelatihan kewirausahaan merupakan proker dari kewirausahaan yang bertujuan untuk menumbuhkan dan Mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa fisika. serta Menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha

 

  1. Pengadaan Atribut Organisasi               

Pengadaan Atribut Organisasi merupakan program KWU yang bertujuan untuk menyediakan atribut sebagai identitas mahasiswa Fisika Unsoed.

 

  1. Fisika Berniaga

Fisika berniaga merupakan proker dari KWU yang bertujuan melatih mahasiswa khususnya mahasiswa fisika untuk berniaga.