Komunitas Elins

Printer-friendly version

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) adalah sebuah organisasi dibidang keilmiahan dalam program Studi Fisika yang beranggotakan seluruh mahasiswa Fisika. HIMAFI memiliki beberapa departemen, dimana departemen ini mempunyai fungsi kerja yang lebih khusus. Termasuk departemen penelitian yang salah satu tugasnya mewadahi dan menumubuhkan minat penelitian dikalangan mahaiswa/I Fisika Unsoed.

Program Studi Fisika UNSOED memiliki beberapa bidang peminatan, seperti peminatan Teori komputasi dan Biofisika, Elektronika dan Instrumentasi, Geofisika, serta Material.

Tanggap akan hal diatas, maka Departemen Penelitian membentuk 3 kelompok komunitas dari beberapa pemintan dengan jumlah peminat terbanyak. Yaitu komunitas Geofisika, Komunitas Elektronika dan Instrumentasi (ELINS), serta yang terbaru adalah komunitas Material.

Kajian ilmu Fisika sangatlah luas, maka dengan terbentuknya komunitas yang ada di lingkungan Fisika UNSOED guna membantu mahasiswa/I Fisika agar lebih fokus dalam memahami bidang kajian keilmuan fisika yang diminati.

Komunitas Geofisika berdiri pada tahun 2007, diantara kegiatan yang dilakukan adalah pelaksanaan Field Trip. Kegiatan ini merupakan kegiatan di luar mata kuliah, dimana mahasiswa dapat mempraktikan ilmu ke-geofisika-an yang telah diperoleh dan mengaplikasikannya di lapangan. Komunitas geofisika juga tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGI) serta Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI).

Seperti halnya Komunitas Geofisika, Komunitas Elins juga berdiri pada tahun 2007. Komunitas ini bergerak dalam kajian ilmu Fisika di bidang instrumentasi. Kegiatannya meliputi pembuatan prototype serta pendalaman materi bagi mata kuliah yang termasuk dalam peminatan Elektronika dan Instrumentasi.

Dan yang terakhir adalah komunitas material yang berdiri pada tahun 2013. Komunitas ini didirikan karena menyadari banyaknya mahasiswa fisika yang berminat dibidang material. Kegiatannya meliputi seminar, serta sosialisasi penemuan terkini di bidang material. Komunitas material pun mulai membangun mitra untuk ikut serta dalam komunitas material skala nasional, salah satunya yakni Nanoteknologi dibawah lembaga LIPI adalah salah satunya.