Fisika Medik

Printer-friendly version

KMK FISIKA MEDIK

Program Studi Fisika UNSOED pada hari Jumat, 4 April 2014 telah mengadakan kegiatan pengenalan Kelompok Minat Keahlian FISIKA MEDIK. Selain bertujuan memperkenalkan topik kajian Fisika Radiasi, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kompetensi khusus mahasiswa sebagaimana tercantum dalam dokumen kurikulum 2008 yaitu: mampu memverifikasi besaran radiasi dan interaksinya pada jaringan secara mikro melalui simulasi dan pemodelan dalam upaya optimasi baik untuk keperluan diagnosis maupun terapi.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang 2.1 Jurusan MIPA berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam dengan narasumber tunggal Aris Haryadi, S.Si., M.Si. Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Prodi Fisika. Aris Haryadi, S.Si., M.Si. menjelaskan aplikasi Monte Carlo untuk mendeskripsikan perubahan energi dan arah yang dialami oleh foton, partikel bermuatan, dan neutron ketika melewati jaringan dan material. Selain itu, nara sumber juga memberikan gambaran kepada mahasiswa perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan dalam perhitungan simulasi Monte Carlo.

Ilustrasi software MCNP

Di akhir kegiatan, beberapa pertanyaan menarik dikemukakan oleh mahasiswa secara antusias.Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada mahasiswa tentang aplikasi Monte Carlo dalam Fisika Radiasi, perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan simulasi, dan contoh-contoh judul penelitian yang memanfaatkan metode Monte Carlo.

Aris Haryadi, S.Si., M.Si.