MOU FST – BATAN, KULIAH UMUM, DAN WORKSHOP

Printer-friendly version
Body: 

KULIAH UMUM: 

  • 1. PERANAN SAINS DAN TEKNOLOGI NUKLIR
  • 2. PERANAN MIPA DALAM  PENGEMBANGAN DAN APLIKASI BNCT

WORKSHOP:

TEKNOLOGI NUKLIR UNTUK KESEHATAN

  • 1. PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MESIN PEMERCEPAT PARTIKEL BERMUATAN
  • 2. PENGENALAN GENERATOR KOMPAK UNTUK SUMBER NEUTRON BNCT
  • 3. PENGENALAN LEBIH MENDALAM MCNP
  • 4. APLIKASI MCNP DALAM PEMODELAN PRODUKSI NEUTRON DI REAKTOR NUKLIR

 

Dilatarbelakangi atas kesadaran akan pentingnya mengoptimalkan kemampuan dan sumber daya yang bersinergi dalam rangka penelitian dan pengembangan iptek nuklir melalui sains dan teknologi akselerator, maka Fakultas Sains dan Teknik (FST) Unsoed bersama Pusat Sains dan Teknologi Akselerator - Badan Tenaga Nuklir   Nasional (PSTA - BATAN) telah bersepakat untuk melakukan kerjasama. Kerja sama yang terjalin diperkuat melalui penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara FST Unsoed – PSTA BATAN pada hari Selasa, 15 April 2014 di Jurusan MIPA Unsoed. Baik pihak FST Unsoed maupun PSTA BATAN telah sepakat untuk bekerjasama mengembangkan teknologi dan aplikasi Boron Neutron Capture Therapy (BNCT) dengan Compact Neutron Generator (CNG).

Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani membuka peluang bagi kedua belah pihak untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki guna mengembangkan kolimator neutron untuk uji in vitro , in vivo, dan klinis menggunakan teknik BNCT. Sumber daya berupa sarana dan prasarana reaktor, perangkat lunak simulasi (menggunakan perangkat lunak terbaru seperti: MCNP dan SHIELD-HIT 12 A), informasi terkini, maupun tenaga ahli berkompeten yang dimiliki oleh PSTA – BATAN dapat diakses secara optimal oleh Dosen dan Mahasiswa di Prodi Fisika khususnya dan FST pada umumnya. Selain itu aktivitas ini akan semakin memperkokoh jejaring yang telah diinisiasi oleh Prodi Fisika dengan PSTA BATAN sejak 5 tahun yang lalu.

Untuk membekali mahasiswa Prodi Fisika dengan pengetahuan tentang perangkat lunak Monte Carlo N-Particle (MCNP) dan aplikasinya dalam pengembangan BNCT menggunakan CNG, maka Tim PSTA – BATAN mengadakan workshop Teknologi Nuklir untuk Kesehatan. Workshop dilaksanakan dalam 4 sub topik kajian, dimana 3 sub topik berisi penjelasan teoritis tentang teknologi mesin pemercepat partikel, teknologi CNG, dan peran MCNP dalam pengembangan CNG dan BNCT. Sedangkan satu sub topik merupakan praktek penggunakan MCNP dalam simulasi perjalanan partikel melalui material atau jaringan.