Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan sarjana (S1) Fisika yang memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi ke program pascasarjana (S2/S3) atau terserap di dunia kerja pada tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang diakui oleh kelompok sejawat (peer group).
  3. Menghasilkan produk layanan yang memiliki kontribusi terhadap pemecahan masalah atau memberi nilai tambah terhadap potensi di lingkungan sekitar.

Sejarah

Jurusan Fisika dengan satu program studi, yaitu Program Studi Fisika pada awalnya merupakan salah satu Jurusan yang bernaung pada  Program Sarjana Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Pendirian Jurusan/Program Studi Fisika berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 1012/D/T/2002, tertanggal 22 Mei 2002. Tahun 2003/2004 merupakan tahun akademik pertama bagi Jurusan Fisika.

Profil

Profil Program Studi Fisika FMIPA UNSOED seperti yang termaktup dalam Spesifikasi Jurusan Fisika FMIPA UNSOED meliputi beberapa hal yang menjelaskan mengenai identitas, sejarah singkat, visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan. Profil yang ada dapat membedakan dengan Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi Lain dan sekaligus merupakan keunggulan dari Jurusan Jurusan Fisika FMIPA UNSOED.

Identitas

Perguruan Tinggi Universitas Jenderal Soedirman
Fakultas  Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan/ Program Studi  Fisika
Ketua Jurusan/ Koordinator Program Studi Prof. Dr.-Ing. R. Wahyu Widanarto
Sekretaris Jurusan Sehah, S.Si., M.Si.