PROFIL DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi S-1 Fisika FMIPA Universitas Jenderal Soedirman adalah Sarjana Fisika yang cerdas, kompetitif, dan memiliki daya saing tinggi sehingga dapat berperan di berbagai bidang keahlian Fisika, serta memiliki wawasan untuk pengembangan sumberdaya perdesaan, penggalian, dan pemanfaatan kearifan lokal

 

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Menguasai prinsip dasar ilmu Fisika secara komprehensif.
  2. Menguasai metode penelitian Fisika dan penerapannya.
  3. Menguasai deduksi Matematika berdasarkan kerangka/sosok pengetahuan Fisika untuk menjelaskan gejala alam dan/atau fakta empiris.
  4. Menguasai wawasan MIPA secara global untuk menunjang pemahaman berbagai gejala fisis di alam semesta.
  5. Menguasai komputasi bidang Fisika untuk mempermudah pencapaian hasil proses perhitungan besaran Fisika dan/atau pemodelan fisis.
  6. Mampu menggunakan sistem pengamatan Fisika untuk me-nguji teori melalui proses statistik berdasar hasil observasi.
  7. Mampu menerapkan keilmuan Fisika untuk memecahkan berbagai persoalan pada bidang-bidang yang memerlukan.
  8. Mampu menggunakan dan mengoperasikan peralatan ukur untuk melakukan pengukuran besaran Fisika.
  9. Mampu menggunakan prinsip dasar Fisika untuk mengkaji dan meramalkan fakta ilmiah baru.
  10. Memiliki kepekaan atas perubahan dan masalah alamiah global, regional, dan lokal serta memiliki keinginan untuk menyelesaikan baik secara individu maupun kelompok.
  11. Menghargai keaslian ide, konsep, dan penemuan ilmiah lain.
  12. Menghargai upaya interdisiplin dalam mengeksplorasi, me-manfaatkan, dan melestarikan sumberdaya alam.
  13. Mampu melakukan komunikasi secara ilmiah, aktif, serta efektif dalam bahasa Indonesia maupun asing.
  14. Mampu bekerjasama dalam suatu tim kerja (team work).
  15. Mampu bersikap adaptif terhadap perkembangan dan dina-mika IPTEKS di masyarakat.
  16. Mampu diberikan tanggungjawab kepemimpinan dan/atau manajerial.
  17. Mampu membantu masyarakat dalam memahami berbagai gejala alam dan/atau perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

                                                               

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Dekripsi Umum

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warganegara yang  bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama, memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. “Menghargai” keanekaragaman budaya, pandangan, keperca-yaan, dan agama serta pendapat temuan orisinal orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas.

 

Capaian Pembelajaran  Utama

Agar dapat berperan sebagai:

Sarjana Fisika yang cerdas, kompetitif, dan memiliki daya saing tinggi sehingga dapat berperan di berbagai bidang keahlian Fisika, serta memiliki wawasan untuk pengembangan sumberda-ya pedesaan, penggalian, dan pemanfaatan kearifan lokal.

 

Pengetahuan yang wajib dimiliki dan lingkup permasalahan yang dapat ditangani:

  1. Menguasai prinsip-prinsip dasar Fisika, perkembangan, dan penerapannya secara komprehensif untuk mengungkap serta menjelaskan berbagai fenomena fisis di alam.
  2. Menguasai metode eksperimen atau penelitian Fisika untuk melakukan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, serta pela-poran hasil eksperimen dan penelitian secara ilmiah.
  3. Menguasai prinsip dasar matematik dan penerapannya dalam bidang Fisika untuk memodelkan dan mendeskripsikan ber-bagai gejala fisis di alam.
  4. Menguasai wawasan MIPA secara global untuk memperjelas deskripsi berbagai gejala fisis yang berasal dari pemodelan, observasi di alam, maupun pengamatan di laboratorium.
  5. Menguasai prinsip dasar Fisika Komputasi untuk memper-mudah pencapaian hasil proses perhitungan besaran Fisika dan/atau pemodelan fisis.

 

Dengan kemampuan di bidang kerja:

  1. Mampu menerapkan keilmuan Fisika secara komprehensif pada berbagai bidang.
  2. Mampu merumuskan dan menyelesaikan berbagai permasa-lahan Fisika secara analitik, numerik, dan eksperimen.
  3. Mampu menggunakan deduksi matematis berdasar kerangka pengetahuan (body of knowledge) Fisika untuk mendiskripsi-kan atau menggambarkan berbagai fenomena fisis di alam, baik secara analitik maupun numerik.
  4. Mampu menyelesaikan problem solving masalah fisika secara logis – analitis dengan solusi yang didefinisikan secara baik dan prosedural.
  5. Mampu mengkaji fakta-fakta ilmiah baru dan menggunakan prinsip-prinsip dasar Fisika serta terapannya.
  6. Mampu dan terampil menggunakan dan mengoperasikan per-alatan pengukuran besaran Fisika secara benar.
  7. Mampu merencanakan, menyelenggarakan dan melaporkan serangkaian kegiatan eksperimen dan/atau penelitian melalui metode pendekatan, analisis, dan interpretasi data.
  8. Mampu menggunakan sistem pengamatan Fisika untuk me-nguji teori melalui proses statistik berdasarkan hasil observasi.
  9. Mampu mempresentasikan secara benar, mengkomunikasikan dan memberikan argumentasi terhadap konsep, hukum, hasil kajian dan kasil penelitian penelitian terkait dengan bidang keilmuan Fisika.

 

Kemampuan manajerial, lingkup tanggung jawab, serta standar sikap yang diperlukan:

  1. Memiliki sikap adaptif terhadap perkembangan dan dinamika IPTEKS yang terjadi di masyarakat.
  2. Memiliki kepekaan atas dinamika berbagai permasalahan alamiah, baik skala global, regional, atau lokal serta memiliki keinginan untuk menyelesaikannya.
  3. Memiliki sikap menghargai keaslian ide, konsep, dan penemu-an ilmiah lainnya sebagai hak kekayaan intelektual.
  4. Memiliki sikap menghargai upaya interdisiplin untuk meng-eksplorasi, memanfaatkan dan melestarikan sumberdaya alam.
  5. Bertanggung jawab atas pekerjaan bidang Fisika secara man-diri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok atau institusi.
  6. Mampu berkomunikasi secara ilmiah, aktif, dan efektif, baik dalam bahasa Indonesia maupun asing.
  7. Mampu bekerjasama dalam suatu kelompok (team work).
  8. Mampu mengevaluasi dan mengintrospeksi diri sebagai bagi-an dari pembelajaran diri sendiri.
  9. Mampu membantu dan menginformasikan kepada masyarakat dalam memahami berbagai gejala alam serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Capaian Pembelajaran Khusus

  1. Mampu menguasai desain instrumentasi, mengetahui kebe-naran hubungan antara gejala fisis yang terdeteksi oleh sensor terhadap hasil pengamatan yang ditunjukkan oleh instrumen, serta mengetahui keakurasian data pengukuran instrumen.
  2. Mampu merancang sistem pengukuran besaran Fisika meng-gunakan mikrokontroller, komputer dan piranti elektronika lainnya sesuai dengan perkembangan intrumentasi terbaru yang relevan dengan pengembangan sumberdaya pedesaan.
  3. Mampu menguasai pengetahuan dasar Fisika Bumi khusus-nya metode-metode survei Geofisika secara komprehensif sehingga dapat berperan sebagai tenaga profesional Geofisika dalam mengeksplorasi dan mengelola sumberdaya alam bawah permukaan, yang relevan dengan pengembangan sumberdaya pedesaan dan kearifan lokal.
  4. Mampu merancang dan melaksanakan survei Geofisika seca-ra profesional dan bertanggungjawab yang meliputi proses akuisisi data, pengolahan data, dan interpretasi data.
  5. Mampu menguasai pengetahuan dasar Fisika Material secara komprehensif agar dapat mengembangkan keilmuan dan ketrampilan yang terkait dengan penelitian bidang Fisika material atau bahan.
  6. Mampu bekerja secara mandiri, profesional, dan bertang-gungjawab dalam kegiatan penelitian untuk mengembangkan material baru maupun material maju (advanced material) dengan memanfaatkan sumberdaya alam lokal yang diperlu-kan oleh dunia industri.
  7. Mampu menerapkan konsep-konsep dasar Fisika pada sistem mahluk hidup untuk perancangan maupun pengembangan tranduser pada sistem instrumentasi medik untuk keperluan pengukuran, monitoring, diagnosis, terapi, dan operasi.
  8. Mampu memverifikasi besaran-besaran radiasi dan interaksi-nya pada sistem jaringan secara mikro melalui simulasi dan pemodelan komputasi dalam upaya optimasi baik untuk keperluan diagnosis dan terapi.
kategori: Akademik