WhatsApp Image 2020-07-16 at 17.45.05 (1).jpeg

aaas.png

Kegiatan Sharing Bareng Alumni oleh BEM KM MIPA Unsoed beserta seluruh Himpunan Mahasiswa Fakultas MIPA Unsoed yang diberi nama NGOS-NGOSAN (Ngobrol-ngobrol Santai Bareng Alumni) telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2020 yang dimulai pada pukul 18.30 WIB melalui Google Meet serta live streaming Youtube.

Pada acara bincang santai kali ini panitia turut mengundang alumni dari masing-masing jurusan yang ada di Fakultas MIPA, yaitu Seka Adisma Putra (Alumni Matematika 2014), Kenita Dwi Aprilliana (Alumni Kimia 2015), dan Eizlan Taufiqur Rosyidin (Alumni Fisika 2015) sebagai pemateri dengan tema pembicaraan “Pengenalan dan Pengembangan Diri Mempersiapkan Dunia Pasca Kampus”. Dengan dipandu oleh Niken Kumala Jati (Mahasiswa Fisika 2019) selaku moderator, acara berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti.

Acara disambut dengan antusias oleh mahasiswa Fakultas MIPA termasuk mahasiswa jurusan fisika yang ada di dalamnya. Terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai angka lebih dari 100 peserta, dengan sekitar 30 orang di antaranya merupakan mahasiswa jurusan fisika. Bapak Wahyu Tri Cahyanto, M.Si., Ph.D selaku Ketua Jurusan Fisika juga terlihat turut menghadiri acara ini.

Acara dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Bapak Roy Andreas, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dilanjutkan dengan pembacaan CV tiap-tiap alumni, masuk ke acara inti yaitu sharing seputar topik yang sudah ditentukan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, kemudian acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari pantia kepada masing-masing alumni serta foto bersama.

Para alumni selaku pemateri secara terbuka berbagi kisah dan pengalamannya dalam menghadapi kehidupan pasca kampus. Mereka memberitahukan hal-hal yang sekiranya dapat dipersiapkan oleh teman-teman mahasiswa untuk menghadapi kehidupan setelah lulus dari universitas, seperti anjuran untuk memperbanyak pengalaman dengan mengikuti organisasi atau kepanitiaan baik dalam kampus maupun luar kampus, melatih soft skill dan technical skill, bagaimana membangun sikap dan mental yang kuat, dan banyak lagi. Mereka juga berbagi pengalaman bagaimana proses mereka mencari pekerjaan hingga akhirnya dapat bekerja di instansi masing-masing. Ada banyak sekali poin penting dan hal-hal baik yang dapat dipetik dari acara ini.